Tips Blog Agar Menarik

Hai sobat, apakah kalian punya sebuah blog pribadi ? apakah kalian pernah memikirkan bagaimana agar blog yang kalian miliki bisa tampil menarik ?, baiklah jadi kami akan memberikan beberapa tips agar tampilan blog yang sobat miliki menjadi menarik.

1. Template Blog


Dalam membuat sebuah blog kita membutuhkan yang namanya template, nah untuk template saya sarankan untuk memakai sebuah template yang responsive, sederhana namun memiliki karakter khasnya sendiri. Ataupun jika sobat mau, sobat bisa memakai template dasar yang sudah disediakan lalu mengeditnya sehingga menjadi menarik. Nah untuk template blog kalian bisa mencarinya di beberapa situs dibawah ini :
>>Djogz<<

Jika belum ketemu template yang diinginkan, kalian bisa mencarinya juga di GOOGLE.

2. Posting Blog


Yang namanya sebuah blog, tentu saja pasti memiliki sebuah posting, apa itu posting ? Posting itu isi dari sebuah blog. Apa yang sobat baca saat ini juga merupakan posting blog. Nah jadi dalam membuat posting kalian harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
  • Buatlah judul posting dengan semenarik mungkin
  • Sediakan gambar/ilustrasi, apakah kalian senang membaca sebuah buku yang tidak ada gambar sama sekali ? tentu saja tidakkan, maka daripada itu dalam membuat sebuah post di blog, usahakanlah sobat menggunakan sebuah gambar maupun ilustrasi yang bisa menggambarkan isi dari post blog tersebut
  • Gunakan kata-kata yang santai dan sehari-hari, bahasa yang santai para pembaca jadi lebih mudah membacanya dan jika ada sebuah kata-kata yang sulit, tuliskanlah juga sebuah definisi dari kata tersebut, sehingga pembaca bisa lebih mudah memahaminya.
  • Jangan bertele-tele, apakah kalian pernah melihat sebuah website yang isinya dibagi menjadi berpart-part ? menurut kalian apakah sobat nyaman ? Tentu saja tidak bukan ? Dengan membagi sebuah post menjadi part-part akan membuat isi post bertele-tele dan membuat pembaca menjadi sulit karena harus membuka satu persatu part dan tentu saja menunggu loading hingga terbuka
  • Buatlah serapih mungkin, kalau yang ini sudah jelas, siapa sih yang nyaman dengan sesuatu yang berantakan dan tidak rapih?

3. Widget

Apa sih widget itu ? Apa fungsinya, widget itu bisa dibilang fitur tambahan sebuah blog, fungsinya itu sangatlah bermacam-macam, ada yang menampilkan gambar, ada yang menampilkan link, menampilkan post dll. Dengan adanya widget akan membuat blog akan tampak menjadi menarik. Namun dalam penggunaan widget kalian harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu :
  • Gunakanlah widget-widget yang dirasa perlu saja, dan usahakan jangan menggunakan terlalu banyak widget agar blog tidak terlalu ramai dan sukar dibuka karena berat
  • Pakailah widget yang semenarik mungkin, sehingga membuat kesan menarik. Sobat mencari widget tersebut atau kalian bisa mengedit widget yang sudah ada.
  • Pakailah widget-widget yang membuat sang pembaca akan membuka post yang lainnya, dengan begitu akan membuat pengunjung mudah mencari 

4. Label


Dalam sebuah blog, pasti akan berisi berbagai macam post, nah maka dari itu label sangatlah penting, label akan membuat post-post yang ada di blog tersortir sesuai dengan label yang diberikan. Contohnya posting ini saya beri posting "Blog" nah jika kalian mengklik tombol label "Blog" Yang ada di menu "Categories" maka akan menampilkan post yang sudah di berikan label "Blog". Nah cara untuk membuatnya yaitu :
  • Buka blogger dan login
  • Buka post yang ingin ditambahkan label
  • Di sebelah kanan akan muncul Setelan Entri Nah dibawahnya ada yang bertuliskan label, klik lalu ketik label yang ingin ditambahkan dan pencet "Selesai"
  • Label sudah dibuat
Nah untuk melihat label biasanya ada di bawah/diatas sebuah post di tampilan blog sobat.

5. Menu


Nah dalam sebuah blog, menu sangatlah penting karena dengan menu para pengunjung menjadi lebih mudah dalam menelusuri blog yang sobat miliki. Nah menu itu ada bermacam-macam, ada yang menu standar dimana hanya ada satu baris, menu dropdown yang saat kalian mengarahkan kursor akan mengeluarkan pilihan lain lagi, dan ada menu sticky dimana menu itu akan tetap muncul melayang diatas biarpun kalian mengscroll halaman kebawah. Kalau untuk menu yang dipakai adalah menu sticky dropdown. Nah kalau cara membuatnya sobat mencarinya di google atau tunggu saat saya akan menyampaikan tutorialnya :D

- Harap komentar sesuai dengan isi pos dan bahasan
- Harap gunakan kata-kata yang sopan dan tidak memancing emosi
- Harap untuk tidak berbuat onar dan rusuh